Audy88 - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal meraih gelar juara pada turnamen Hong Kong Open 2019.

Anthony Sinisuka Ginting hanya bisa menjadi runner-up setelah dikalahkan wakil tuan rumah, Lee Cheuk Yiu, pada babak final di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Minggu (17/11/2019).

Anthony kalah dari Lee dengan skor 21-16, 10-21, 20-22 dalam tempo 77 menit.

Dengan kekalahan Anthony itu, Indonesia dipastikan nirgelar pada turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut.

Sebelumnya, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga tumbang pada laga final.

Anthony Sinisuka Ginting berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu pada awal gim pertama usai meraih dua poin beruntun untuk unggul 2-0 atas Lee.

Pukulan Lee Cheuk Yiu yang mengarah ke sisi kanan wilayah permainan Anthony Sinisukan Ginting berhasil membuatnya memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Anthony Sinisuka Ginting semakin berada di atas angin dengan unggul 7-2 setelah pukulan Lee hanya mengarah keluar lapangan pertandingan.

Setelah dua kali tertahan, Anthony Sinisuka Ginting berhasil merebut interval pertama dengan keunggulan 11-8 atas Lee Cheuk Yiu.

Selepas jeda, Lee Cheuk Yiu langsung tancap gas untuk mengejar ketertinggalan dari Anthony Sinisukan Ginting dengan membukukan tiga angka beruntun.

Ancaman dari wakil tuan rumah semakin mendekati kenyataan tatkala Lee berhasil menipiskan jarak hanya menjadi dua angka dengan skor 9-11.

Namun demikian, Anthony Sinisuka Ginting masih mampu menunjukkan ketenangannya untuk kembali menjauh setelah smash kerasnya gagal dikembalikan oleh Lee.

Anthony semakin nyaman mengembangkan pola permaiannya setelah smash kerasnya kembali gagal dikembalikan oleh Lee Cheuk Yiu untuk kembali menambah kedudukan menjadi 18-11.

Perlawanan masih mampu ditunjukkan oleh Lee Cheuk Yiu setelah drop shootnya yang mengarah kebibir net gagal dikembalikan oleh Anthony Sinisuka Ginting.

Setelah melakoni adu netting, smash dari Antony Sinisuka Ginting berhasil membawanya merebut gim pertama dengan keunggulan 21-16 atas Lee Cheuk Yiu.

Anthony Sinisuka Ginting langsung tancap gas dengan meraih dua poin beruntun pada awal gim kedua.

Namun demikan, pertandingan kembali berjalan panas setelah Lee berhasil mengambil alih momentum dengan berbalik unggul atas Anthony Sinisuka Ginting.

Pengembalian yang kurang sempurna dari wakil Indonesia tersebut membuatnya semakin tertinggal jauh dari Lee Cheuk Yiu dengan skor 2-7.

Tanpa kesulitan berarti, Lee Cheuk Yiu berhasil merebut interval kedua dengan keunggulan 11-4 atas Anthony Sinisuka Ginting.

Selepas jeda, Anthony Sinisuka Ginting langsung meraih angka untuk kembali memangkas jarak dari Lee Cheuk Yiu dengan skor 5-11.

Pengamatan yang tidak sempurna dari Anthony Sinisuka Ginting membuatnya semakin tertinggal dengan selisih delapan angka dari Lee.

Setelah satu kali tertahan, Lee Cheuk Yiu berhasil memaksa Anthony Sinisuka Ginting untuk melakoni rubber gim usai merebut gim kedua dengan skor 21-10.

Lee Cheuk Yiu langsung tampil menggebrak pada awal gim ketiga dengan membukukan empat poin beruntun untuk membuat jarak dengan Anthony Sinisuka Ginting.

Anthony Sinisuka Ginting berhasil meraih angka perdananya untuk memperkecil jarak dengan Lee menjadi 1-4.

Netting yang kurang sempurna dari Anthony Sinisuka Ginting membuatnya semakin tertinggal dari Lee Cheuk Yiu dengan skor 2-8.

Anthony Sinisuka Ginting terpaksa menutup interval ketiga dengan tertinggal 5-11 dari Lee Cheuk Yiu.

Pukulan Lee yang mengarah ke luar lapangan pertandingan membuat Anthony Sinisuka Ginting kembali memperkecil kedudukan menjadi 6-11.

Wakil Hong Kong tersebut kembali merespon serangan yang dilancarkan oleh Anthony Sinisuka Ginting dengan merebut dua poin beruntun.

Kendati tertinggal jauh, Anthony Sinisuka Ginting tak patah arang untuk tetap memberikan perlawananannya dengan melancarkan pukulan-pukulan yang sulit dibendung oleh Lee.

Setelah melalui adu setting, Lee Cheuk Yiu berhasil menghentikan perlawanan Anthony Sinisuka Ginting pada gim ketiga dengan skor akhir 22-20.